Rutan Ponorogo Siap Dapatkan Sertifikasi Halal, Gandeng LP3H Unair

LP3H Unair melakukan pengecekan langsung di dapur Rutan Ponorogo.

GARDAPONOROGO: Rutan Kelas IIB Ponorogo semakin dekat untuk mendapatkan sertifikasi halal setelah menggelar sosialisasi penyelia halal bersama Lembaga Pemeriksa dan Pengkajian Halal (LP3H) Universitas Airlangga (Unair) pada Rabu (18/09/2024). 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen rutan untuk menyediakan makanan halal dan higienis bagi para warga binaan.

Sosialisasi yang berlangsung di ruang kunjungan rutan dihadiri oleh dua perwakilan dari LP3H Unair, Adistiar Prayoga dan Syafiq Zuhdi.

Mereka memberikan penjelasan mendetail kepada petugas dapur dan tamping dapur mengenai prosedur serta standar yang harus dipenuhi untuk memperoleh sertifikat halal.

Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan sertifikasi halal oleh Rutan Ponorogo kepada LP3H Unair.

"Proses sertifikasi ini bertujuan memastikan bahwa makanan yang disajikan di dapur rutan memenuhi semua standar halal, sehingga aman dikonsumsi oleh warga binaan," ujar Adistiar Prayoga saat menyampaikan materi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, Azhar Farhani, serta dua petugas dapur dan sepuluh tamping dapur.

Azhar menyatakan, bahwa Rutan Ponorogo berkomitmen untuk memastikan makanan yang disajikan kepada warga binaan tidak hanya higienis, tetapi juga sesuai dengan ketentuan syariat Islam. 

“Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan memastikan dapur kami tersertifikasi halal. Ini akan menjadi bukti bahwa Rutan Ponorogo sangat peduli dengan kualitas dan keamanan makanan untuk para warga binaan,” kata Azhar Farhani.

Setelah sosialisasi, tim LP3H Unair juga melakukan pengecekan langsung di dapur Rutan Ponorogo untuk memastikan operasional dapur telah memenuhi syarat yang diperlukan dalam proses sertifikasi. 

Dengan langkah ini, Rutan Ponorogo diharapkan dapat segera mendapatkan sertifikasi halal dan meningkatkan standar pelayanan makanan yang halal dan berkualitas bagi seluruh warga binaan. (Hms/Red)

0/Post a Comment/Comments