Peringati Grebeg Suro 2024, Dandim Ponorogo Ziarah ke Makam Leluhur

Dandim bersama Sekda Ponorogo tabur bunga di Makam Batoro Katong.

Ponorogo - Dalam rangka memperingati Grebeg Suro 2024, Komandan Kodim (Dandim) 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono, ziarah ke sejumlah makam leluhur di Kabupaten Ponorogo, Kamis (04/07/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Acara ziarah dimulai dari makam Batoro Katong, diikuti dengan kunjungan ke makam KRMA. Mertonegoro, RMA Tjokronegoro, Astana Srandil, dan berakhir di Makam Pahlawan Kabupaten Ponorogo. 

Selain Dandim 0802, kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda Ponorogo serta sejumlah undangan penting lainnya.

"Alhamdulillah, bangga sekali bisa ikut dalam acara ziarah rombongan ini," ungkap Letkol Inf Dwi Soerjono. "Sebagai generasi penerus, kita wajib menghormati dan mendoakan para leluhur yang berjasa besar terhadap berdirinya Kabupaten Ponorogo ini," imbuhnya.

Ziarah makam merupakan agenda tahunan dalam perayaan Grebeg Suro di Ponorogo. 

Acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pendiri Kabupaten Ponorogo. 

Rangkaian kegiatan ziarah, termasuk doa dan tabur bunga, dilakukan dengan khusyuk dan khidmat, menunjukkan rasa tulus ikhlas dari para peserta.

Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M., turut hadir dalam acara doa bersama, didampingi oleh Letkol Tek Kusbandono dari Lanud Iswahjudi Madiun, Wakapolres Ponorogo Kompol Gandi D. Yudanto, S.I.K., M.H., perwakilan DPRD Kab. Ponorogo, Agung Prasetyo, Sekda dan OPD Kab. Ponorogo, serta Kepala Kemenag Kab. Ponorogo Dr. H. Moh. Nurul Huda, M.Pd.

Kehadiran para pejabat tersebut menunjukkan dukungan penuh terhadap upaya melestarikan tradisi dan menghormati jasa para pendiri Kabupaten Ponorogo.

Ziarah makam Grebeg Suro menjadi simbol penting dalam menjaga nilai-nilai sejarah dan budaya yang ada di Ponorogo. **

0/Post a Comment/Comments