Peringati HLUN 2024, Rutan Ponorogo beri pelayanan medis

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, Narapidana Lanjut usia ikuti kegiatan di Rutan Ponorogo.

PonorogoRumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dengan serangkaian kegiatan di Ruang Kunjungan, Rabu (29/05/2024). 

HLUN, yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, merupakan momen penting bagi Negara Republik Indonesia, untuk mengapresiasi peran strategis para lanjut usia dalam mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Rutan Ponorogo, Agus Imam Taufik, yang menegaskan bahwa keberadaan para lansia di Rutan/Lapas menjadi prioritas bagi Kementerian Hukum dan HAM RI.

"Keberadaan lansia menjadi sebuah atensi prioritas bagi jajaran Kementerian Hukum dan HAM. Dalam pelayanan kesehatan, mereka mendapatkan perhatian khusus dengan adanya program posyandu lansia," ujar Imam. 

Dengan tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat," acara peringatan ini dihadiri oleh 10 warga binaan lanjut usia (WBP Lansia) yang mengikuti senam kebugaran lansia dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu, pihak Rutan memberikan tambahan makanan berupa susu, roti, dan multivitamin untuk para lansia.

Petugas medis Rutan Ponorogo, Lela Meierta, menjelaskan pentingnya tambahan nutrisi bagi WBP lansia.

"WBP lansia membutuhkan makanan tambahan karena telah melewati berbagai perubahan fisik dan hormonal. Roti dan susu yang dibagikan mengandung nutrisi yang menjaga kepadatan tulang," ungkap Lela.

Lela juga menyoroti program pemberian makanan tambahan (PMT) yang rutin diberikan seminggu sekali berupa biskuit dengan kandungan gizi tinggi.

"Biskuit dan roti hanya sampingan (makanan tambahan). Artinya para WBP lansia tetap makan dengan makanan yang bergizi," tambah Lela.

Peringatan HLUN di Rutan Ponorogo, ini menjadi bukti nyata komitmen Kementerian Hukum dan HAM RI dalam memberikan perhatian khusus kepada para lansia, serta memastikan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai dan tambahan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mereka. **

0/Post a Comment/Comments